Proses Pre-Order Scheepjes Whirl

Buat kita-kita yang suka belanja online, tentunya sudah tidak asing dengan istilah pre-order. Namun, gak jarang juga ada yang masih belum mengerti proses pre-order itu sendiri. Beberapa penjual yang membuka kesempatan pre-order dalam bisnisnya menekankan faktor kesabaran untuk menunggu, apalagi untuk yang durasi pre-ordernya lama.

Nah, apa sih pre-order itu?

Pre Order (PO) adalah sistem pembelian barang dengan MEMESAN dan MEMBAYAR terlebih dahulu DIAWAL, dengan masa tenggang waktu tunggu (estimasi/perkiraan) kedatangan barang. (sumber)

Saya pribadi, jarang menggunakan atau memanfaatkan sistem ini kecuali untuk produk-produk yang sulit didapatkan di Indonesia. Sebagai contoh, saya membuka kesempatan untuk pre-order benang Scheepjes Whirl yang super luxury dan belum ada (belum pernah nemu atau lihat) penjual retailnya di Indonesia. Tulisan singkat ini akan mencoba menceritakan proses-proses yang harus dilewati sebuah sesi pre-order dari pemesanan awal, hingga saat benang tiba di tangan pemesannya.

Tahap 1

Seperti biasa, kegiatan pre-order saya mulai dengan mengiklankan kesempatan untuk berpartisipasi, sesuai dengan batas waktu sesinya. Biasanya saya berikan waktu satu (1) minggu untuk memilih warna dan menentukan pesanan mana yang akan dibeli, sehingga customer bisa langsung mengontak saya dengan pesanannya.

00_pagecover
Iklan Pre-Order Scheepjes Whirl Sesi Agustus 2018

Ketika pesanan mulai masuk, saya akan segera catat ke dalam Excel dan juga tentunya menagih pemesan untuk membayar DP 50% sesuai dengan peraturan yang sudah saya buat.

Tahap 2

Setelah seluruh pesanan masuk dan masa iklan berakhir, saya langsung memesankan benang-benang tersebut ke supplier di Eropa. Yap, sialnya yang lebih reliable adalah yang langsung dari sana. Makanya, jeda waktu tunggu saya setel menjadi 2-3 minggu hingga benang tiba di Indonesia.

Pesanan Scheepjes Whirl ke supplier
Pesanan Scheepjes Whirl ke supplier

Pesanan diterima oleh supplier yang langsung memproses supaya segera dikirimkan. Saya selalu berusaha untuk melakukan pemesanan di tengah minggu, bahkan di zona waktu yang sesuai dengan jam kerja, supaya pesanan cepat disiapkan dan diantar ke Kantor Posnya. Kali ini saya menggunakan supplier di Inggris yang menggunakan jasa Royal Mail. Tidak sampai dua hari, pesanan ini sudah masuk terekam ke dalam sistem mereka dan dilengkapi dengan fitur track your item.

Tahap 3

Tahap ini cenderung menjadi tahap yang PALING LAMA durasinya. Kenapa? Sebab, inilah tahap saat paket pesanan kita melakukan perjalanan panjang melintas benua dan berbagai negara menuju destinasi terakhit, yaitu, rumah saya. Berbeda dengan jasa kurir ekslkusif macam DHL, TNT, atau Fedex, Royal Mail adalah padanan Pos Indonesia untuk wilayah Inggris Raya. Jadi, nampaknya sistem yang dianut tidak menerakan perjalanan step-by-step si paket ini.

01update
Tampilan track your item pada laman Royal Mail

Saya selalu memantau keberadaan paket setiap dua hari sekali, dan saya punya tracker sendiri di Excel yang dapat saya gunakan untuk memperkirakan lamanya paket sampai ke rumah. Informasi ini tentunya akan berguna sekali saat saya akan mengadakan sesi pre-order berikutnya. Memang ada masa harap-harap-cemas, apalagi kalau tracker tidak bergerak sama sekali selama 3-4 hari. Tidak ada update pada status pengiriman. Ugh, rasanya deg-degan! Royal Mail sendiri menjamin pengiriman tiba di Indonesia (sesuai zona pengiriman mereka) pada rentang 5-7 hari. Ya sudah, kalau sudah ada keterangan seperti itu, kita hanya bisa berserah supaya paket tidak kesasar.

Tahap 4

Di tahap ini adalah masa ketika paket sudah sampai di Indonesia dan harus melewati proses scanning dan pemeriksaan oleh Bea Cukai. Pada sesi pertama pre-order Scheepjes (Juli 2018), proses ini memakan waktu tidak lebih dari 3 hari. Namuuuun, kali ini paket tertahan di Bea Cukai cukup lama, lebih dari 5 hari. Of course, saya mulai cemas dan mulai bikin reseh petugas 161 (Pos Indonesia) dengan menanyakan status, serta apakah ada masalah sehingga paket tertahan lama. Ya, bikin resehnya juga masih menggunakan bahasa yang sopan, tentu… Meskipun frekuensi telepon saya jadi agak lebih sering. Hehe.

Untitled
Tampilan Status Pengiriman pada laman Pos Indonesia

Menanti dan menanti— setiap pagi buka web Pos Indonesia untuk menelusuri status pengiriman, akhirnya…! Pada satu hari, status paket kita berubah menjadi released by Customs. Baah! Sudah tenang lah kalau sudah melewati fase itu. Pos Indonesia sendiri cenderung cepat kok dalam proses mengantarkan kiriman dari satu tempat ke tempat lain. Hanya memang yang bikin super deg-degan adalah saat lama tertahan di Bea Cukai.

Tahap 5

Paket sampaaaai!! Inilah masa-masa yang paling memuaskan bagi saya. Paket sampai dengan selamat, komplit pesanannya, dan bisa segera saya kabarkan kepada seluruh peserta pre-order untuk memproses pelunasan.

Yang lebih bahagia lagi adalah ketika saya menerima kabar bahwa masing-masing pemesan sudah menerima benang mereka dan siap berkarya.

*** 

Nah, jadi sudah terbayang kan, perjalanan panjang untuk sebuah paket pre-order mencapai Indonesia? Ternyata yang harus belajar sabar tidak hanya pemesan, tapi juga yang mengadakan pre-order. Hahaha. Kalau ada yang bertanya kenapa saya ikutan deg-degan, ini alasannya:

  1. Scheepjes Whirl adalah benang super luxury yang super mahal. Kalau sampai sesi pre-order gagal (belum pernah, dan jangan sampai!!!), saya harus bertanggungjawab kepada pelanggan yang sudah masuk pesanannya.
  2. Tanggungjawab ini saya anggap dengan sangat serius, sebab menyangkut tingkat kepercayaan pelanggan kepada penjual online, di dunia maya yang penuh dengan kenistaan dan kebohongan ini. Setiap orang pasti berhati-hati untuk melakukan transaksi dan saya menanggapi kepercayaan pelanggan sebagai sesuatu yang sangat penting.
  3. Saya bisa ikutan sedih kalau ada yang tidak bisa menikmati merajut dengan menggunakan Scheepjes Whirl, sebab benang ini adalah produk yang super keren dan sesuai dengan harganya. Produk akhirnya pun akan jadi super keren.

Demikian sekilas pengalaman untuk perjalanan pre-order Scheepjes Whirl. Kalau ingin berpartisipasi dalam pre-order ini, silakan klik di sini.

signature

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.